5 Pantai Paling Memesona di Yogyakarta


pantai di Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota wisata yang menjadi idaman bagi para wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Banyak dari mereka yang ingin sekadar merilekskan diri dari aktivitas sehari-hari dan memilih berwisata di Yogyakarta. Salah satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan adalah pantai. Terdapat 5 pantai paling memesona di Yogyakarta yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai-pantai tersebut sudah cukup dikenal oleh wisatawan.

1.      Pantai Kesirat

Pantai Kesirat merupakan sebuah pantai dengan barisan tebing berwarna hijau segar. Dari atas tebing, wisatawan dapat menyaksikan hamparan panorama birunya air laut serta debur ombak yang eksotis. Pantai Kesirat merupakan surga bagi para pemancing maupun nelayan untuk mencari ikan laut. Hampir sama seperti Pantai Pok Tunggal yang mempunyai sebuah pohon sebagai lambang kepopulerannya, Pantai Kesirat juga mempunyai satu pohon abadi yang disebut Pohon Gebangkoro.

2.      Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti adalah sebuah pantai yang sudah difasilitasi secara modern oleh pemerintah setempat. Pantai ini mirip seperti pantai-pantai di Pulau Bali karena sudah terdapat penginapan dan beraneka ragam tempat makan yang menghadap langsung ke bibir pantai. Di pantai ini, Anda bisa menemukan banyak penduduk lokal yang menyewakan payung dan tikar agar wisatawan dapat menikmati ombak pantai dari atas pasir putih tanpa perlu khawatir terkena terik panas matahari.

Harga sewa untuk tikar dan payung ini pun cukup terjangkau, yaitu Rp20.000 untuk sekali sewa. Area Pantai Indrayanti Yogyakarta sangatlah bersahabat. Pasir putih dan ombak terpisahkan oleh jajaran karang tempat bersembunyinya ikan berwarna-warni dan biota laut lainnya. Di sekitar Pantai Indrayanti, Anda bisa menemukan banyak tebing yang telah diberi anak tangga untuk menuju pucuk karang. Anak-anak tangga tersebut telah dibuat secara swadaya oleh penduduk lokal, sehingga wisatawan bisa menikmati indahnya pantai Indrayanti dari ketinggian. Di pantai ini, wisatawan juga bisa menikmati sensasi olahraga ski air dengan tarif yang cukup terjangkau.

3.      Pantai Drini

Di Pantai Drini, para wisatawan bisa mengabadikan momen-momen menyenangkan dengan latar belakang matahari kembali ke peraduaannya di atas hamparan pantai dan perbukitan. Pantai Drini merupakan salah satu jalur menuju Puncak Kosakora. Sembari menikmati sunset yang berwarna keemasan, wisatawan bisa memesan camilan ringan atau Pop Mie hangat yang dipadu dengan es teh atau es jeruk di warung yang menjadi satu-satunya warung di Bukit Kosakora, Yogyakarta. 

Di sini, wisatawan dapat merebahkan diri di atas rerumputan hijau Bukit Kosakora sembari menatap langit lepas yang begitu biru.Pemandangan di tempat ini sangat menakjubkan, maka tidak heran jika Pantai Drini dikategorikan sebagai salah satu pantai paling memesona di Yogyakarta. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan camping di sini bersama keluarga, atau para sahabat.

4.      Pantai Nglambor

Pantai Nglambor yang terletak di kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta terkenal karena area ini merupakan area yang aman untuk kegiatan snorkeling atau selam permukaan. Wisatawan dengan leluasa bisa melihat karang, rumput laut, ikan dengan berbagai warna, dan aneka biota penghuni laut lainnya dari permukaan air. Para wisatawan pun bisa melakukan selam permukaan dan berenang di pantai ini tanpa harus khawatir tergulung ombak besar karena lokasinya berada di teluk.

5.      Pantai Jogan

Pantai Jogan berlokasi di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Dengan kata lain, pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Timang yakni sekitar 70 km dari pusat Kota Yogyakarta. Karateristik unik dari pantai ini membuat Pantai Jogan layak masuk ke kategori pantai paling memesona di Yogyakarta

Hal unik di sana yakni terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Selain itu, pantai ini nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan. Namun sebaliknya, pantai ini berbatasan langsung dengan tebing.

Nah, itulah tadi 5 pantai paling memesona di Yogyakarta. Pantai mana yang akan Anda kunjungi pertama kali?

Pages